Lowongan CPNS 2013

11 Nov 2012

Lowongan CPNS 2013

Pengumuman CPNS 2013

pegawai ganteng Lowongan CPNS 2013Banyak di antara kita yang menemui kegagalan saat melamar jadi CPNS. baik CPNS daerah, CPNS pusat, CPNS departemen, BUMN dll. Entah berapa kali lamaran CPNS kita kirim baik via pos atau online akan tetapi tidak ada tanggapan sama sekali sehingga kita tidak diberi kesempatan untuk meneruskan proses seleksi CPNS berikutnya. Faktor utama yang membuat kita gagal dalam lamaran CPNS adalah kurangnya persiapan. Banyak peserta CPNS yang suka membuat lamaran CPNS secara mendadak sehingga surat lamaran tersebut banyak kesalahan. terutama tidak lengkap. Berikut ini adalahtips melamar CPNS yang harus kita perhatikan supaya dapat sukses menjadi CPNS.

  • Persiapan awal
    Persiapan awal melamar CPNS antara lain mendapatkan info terbaru dan aktual dari CPNS yang akan kita lamar. Hal ini sangat penting supaya saat mengirim lamaran kerja CPNS kita tidak ketinggalan.
  • Berkas umum CPNS
    Persiapkan berkas yang biasa dibutuhkan saat melamar CPNS. Jangan sampai waktu kita melamar baru kita membuat sehingga ada berkas yang ketinggalan. Berkas umum CPNS antara lain:
  • Daftar riwayat hidup (CV). Buatlah 2 versi daftar riwayat hidup yaitu versi cetak dengan komputer dan versi tulis tangan. Daftar riwayat hidup berisi antara lain nama lengkap,tempat tanggal lahir, alamat lengkap, pendidikan terakhir, agama, jenis kelamin, status pernikahan, hobi, status apakah sedang kerja atau tidak, pengalaman kerja, nomor telepon atau HP yang bisa dihubungi, sertifikat kursus atau penghargaan dll. Yakinkan dengan materai Rp. 6.000 bahwa data yang Anda berikan benar.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK yang masih berlaku. Dengan adanya SKCK menyatakan bahwa kita tidak sedang bermasalah dengan hukum atau terlibat kasus.
  • Kartu kuning. Kartu kuning adalah kartu tanda pencari kerja. Kartu kuning kita dapatkan dengan mengurus di dinas tenaga kerja dan transmigrasi.
  • Pas photo. Siapkan pas foto baik yang berwarna atau yang hitam putih. Siapkan dalam ukuran 3 x 4 dan 4 x 6. Untuk pendaftaran via online, pastikan Anda memiliki gambar photo yang sudah di scanner.
  • Surat keterangan kesehatan dari dokter atau rumah sakit.
  • Surat ijin dari orang tua bahwa siap ditempatkan di seluruh Indonesia.
  • Ijasah yang sudah di legalisir. Pastikan Anda memiliki IPK minimal 2,75 (dua koma tujuh lima), karena sangat jarang lowongan CPNS yang memberikan syarat IPK di bawah itu. Selain itu, diutamakan dari lulusan perguruan tinggi negeri atau swasta yang sudah terakreditasi oleh badan akreditasi nasional (BAN).
  • Membuat surat lamaran CPNS
    Buatlah surat lamaran CPNS dengan bahasa yang singkat, mudah dipahami, jelas tujuannya, tanggal lowongan, ditujukan kepada siapa dan posisi yang Anda inginkan. Yakinkan bahwa Anda memiliki kompetensi dan kemampuan pada bidang yang lamar tersebut. Gunakanlah tata bahasa Indonesia dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).
  • Waktu pengumuman
    Dapatkan informasi selengkap dan secepat mungkin tentang pengumuman lowongan CPNS. Misalnya waktu ujian, tanggal pengumuman peserta yang lolos dll. Selain info CPNS terbaru, informasi peserta yang lolos menjadi CPNS juga dapat Anda baca blog CPNS ini.

Sebelum mengirim lamaran CPNS periksa lagi untuk memastikan bahwa semua keterangan dan berkas lamaran sudah benar dan lengkap. Selagi menunggu tindak lanjut lamaran CPNS tersebut, ada baiknya Anda juga mengirim lamaran CPNS di bidang lain. Semakin banyak kita kirim semakin besar peluang kita untuk menjadi CPNS. Sambil menunggu tindak lanjut lowongan CPNS tersebut ada baiknya Anda juga belajar contoh soal CPNS yang biasa diujikan. Semoga tips sukses melamar CPNS ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Lowongan CPNS 2013


TAGS Lowongan CPNS 2013


-

Author

Follow Me