lowongan kerja cpns 2013

11 Nov 2012

lowongan kerja cpns 2013

Syarat pengajuan usulan kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS) daerah pada 2013 masih sama dengan syarat yang diberlakukan pada 2012. Antara lain, belanja pegawai di APBD tidak boleh lebih dari 50 persen dari total belanja daerah. Dengan persyaratan ini, bisa dipastikan tidak semua daerah bisa melakukan rekrutmen CPNS pada 2013.
Berdasarkan data resmi yang dilansir Kementerian Keuangan, rasio belanja pegawai terhadap total belanja daerah pada APBD di 10 provinsi melampaui angka 50 persen.

Yakni DI Jogjakarta (58,6 persen), Jateng (53,5 persen), Gorontalo (52,5 persen), NTB (52,5 persen), Lampung (52,3 persen), Sumbar (51,8 persen), Sulsel (51,5 persen), Bengkulu (51,5 persen), Jatim (51,1 persen), dan Sulut (50,7 persen).

Namun, untuk kabupaten/kota di masing-masing provinsi, bergantung rasio belanja pegawainya. Jika di bawah 50 persen, otomatis boleh rekrut CPNS.

Diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan kuota CPNS 2013 dari pelamar umum sebanyak 60 ribu.

Deputi SDM Bidang Aparatur Kemenpan RB Ramli Naibaho di kantornya, Jakarta, Selasa (23/10), mengatakan, persyaratannya masih tetap seperti tahun ini. Di mana setiap instansi harus memasukkan analisis jabatan, analisis beban kerja, dan proyeksi kebutuhan pegawai lima tahun.

Ditambahkan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno, belanja pegawai dalam APBD harus tetap di bawah 50 persen. Bila lebih dari 50 persen, kuota maupun formasi tidak akan diberikan.

Dengan ketentuan ini, artinya kuota 60 ribu CPNS 2013 bisa saja tidak terisi semuanya. Hal ini ditegaskan Menpan RB Azwar Abubakar di Jakarta kemarin.

Dia memberi contoh formasi CPNS 2012. Di mana dari formasi yang telah ditetapkan sebanyak 11.669 CPNS, hanya terpenuhi 9.821 orang atau sekitar 84,2 persen. ’’Sebanyak 1.848 formasi yang telah ditetapkan tidak terpenuhi,’’ ucap Azwar.

Menanggapi ini, Pemprov Lampung mengaku tak ingin gegabah. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung menyatakan, hingga kemarin masih belum menerima pemberitahuan resmi dari kementerian terkait pelarangan itu.

Sekretaris BKD Lampung Hazairin Usman menyatakan agar semua pihak bersabar menunggu keputusan resmi yang dikeluarkan Kemenpan RB.

’’Belum ada informasi apa-apa. Itulah, kita belum tahu soal ini apakah ada atau tidak. Karena pemberitahuan belum masuk. Kita tunggu saja dahulu,’’ tuturnya saat dihubungi Radar Lampung tadi malam.

Karena itu, lanjut Hazairin, BKD Lampung tetap menyiapkan proses untuk perekrutan CPNS 2013. ’’Kalau persiapan kita memang setiap saat sudah siap,’’ ujarnya.

Dia menjelaskan, kementerian tentu akan berkirim surat resmi jika memang pemprov dilarang merekrut CPNS pada 2013.

Jika Pemprov Lampung tak diperbolehkan melakukan rekrutmen, lanjut dia, belum tentu kabupaten/kota di Lampung juga tak boleh merekrut. ’’Itu kan dipilah-pilah,” katanya.

Sekadar mengingatkan, BKD Lampung telah siap mengajukan usulan formasi CPNS 2013 sebanyak 904 formasi. Jumlah formasi itu mengacu usulan formasi pada 2012 dan 2011 yang dimentahkan pemerintah pusat.

Dari formasi itu terdiri atas tenaga kesehatan, guru, dan tenaga teknis. Rinciannya, sebanyak 232 tenaga kesehatan, 44 guru sekolah luar biasa (SLB), dan sisanya tenaga teknis.

Terpisah, anggota Komisi I DPRD Lampung Ahmad Bastari menyatakan, seharusnya pemerintah pusat juga melihat pertimbangan kebutuhan pemerintah daerah. Bukan hanya berpatokan pada rasio belanja pegawai yang melebihi 50 persen.

Legislator asal PAN itu menyatakan, dari sisi perbandingan anggaran belanja langsung dan tidak langsung, pada APBD 2012, Provinsi Lampung sudah menunjukkan kinerja yang baik.

Dengan APBD 2012 berkisar Rp2,8 triliun, separonya merupakan belanja langsung dan separonya lagi belanja tak langsung. ’’Ini artinya sudah mulai berimbang dengan belanja pembangunan,” ujarnya.

Dirinya juga meminta agar pemerintah pusat mengkaji secara cermat hasil analisis beban kerja pegawai di lingkup Pemprov Lampung. ’’Saya kira, ini perlu juga sebagai pertimbangan,’’ ungkapnya.

tips trik : lowongan kerja cpns 2013

1. Ikutilah tes CPNS sebanyak mungkin.
Karena peluang untuk lulus juga menjadi lebih besar, disamping itu mengikuti lebih banyak tes CPNS membuat anda lebih terlatih untuk menghadapi tes CPNS.

2. Jangan cepat menyerah.
Sangat jarang teman yang saya tahu yang baru ikut sekali tes CPNS dan langsung lulus, saya sendiri bisalulus setelah mencoba beberapa kali.

3. Utamakan yang lebih berpeluang.
Peserta tes CPNS untuk menjadi pegawai di Pemkab / Pemkot / Pemprov umumnya lebih banyak dibanding dengan peserta tes CPNS di instansi lain atau di bawah departemen lain. Selain itu, daripengalaman saya soal-soal tes CPNS di departemen lain lebih obyektif dibanding Pemkab / Pemkot / Pemprov. Misalnya yang jurusan Informatika ada tes / soal khusus bidang Informatika.

4. Belajar!
Tips yang satu ini wajib bagi anda, jika ingin lulus tes CPNS tentu anda harus belajar. Jangan mengandalkan SKS (sistem kebut semalam) untuk lulus tes CPNS. Belajarlah minimal seminggu sebelum tes, ya minimal 1 jam per hari. Beli dan pelajari soal-soal tes CPNS yang biasanya banyak dijual di tempat pendaftaran.

5. Ketahui semua informasi.
Jangan sampai hal-hal sepele anda gagal mengikuti tes, misalnya karena terlambat mendaftar atau belum melengkapi persyaratan.

6. Survey lokasi tes.
Jangan meremehkan hal ini, datanglah ke tempat lokasi tes CPNS sehari sebelum tes diadakan dan memastikan dimana tempat duduk anda. Jangan sampai anda kehabisan waktu di hari H karena bingung mencari lokasi tes CPNS atau bingung mencari tempat duduk.

7. Jangan terlambat
Disini tidak berlaku hukum “lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali”. Jika anda terlambat, peluanganda untuk lulus tes CPNS sudah jauh berkurang. Waktu yang tersedia sudah berkurang, anda juga tidak bisa konsentrasi untuk menjawab soal dan semua persiapan anda untuk tes CPNS akan sia-sia. Bila perlu, datanglah sejam lebih awal agar anda lebih rileks dan tidak tergesa-gesa ketika mengerjakan soal.

8. Lengkapi diri
Persenjatai diri anda dengan lengkap, seperti pulpen, pensil, penghapus, alas dan lainnya. Jangan berharap bisa meminjam perlengkapan ini ketika tes sedang berlangsung.

9. Perhatikan petunjuk soal
Perhatikan semua petunjuk soal, seperti cara menjawab, waktu yang tersedia dan hal yang lainnya. Janganpernah menyepelekan apapun disana. Setelah selesai menjawab soal, jika masih tersedia waktu, gunakan untuk memeriksa kembali jawaban anda. Jangan tersenyum kegirangan ketika anda merasa menjadi orang yang paling dulu selesai menjawab soal. Perhatikan sekali lagi, jangan-jangan anda malah belum menjawab satu sesi soal yang ada.

10. Doa
Langkah terakhir tentu saja doa. Entah bagaimana dengan orang lain, tapi saya percaya kekuatan doa. Berusaha sekuat tenaga ditambah dengan doa tentu akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Berdoalah sebelum dan setelah selesai mengerjakan soal tes CPNS sesuai dengan keyakinan anda sendiri.

more article : view ( lowongan kerja cpns 2013 )

lowongan cpns 2013
pengumuman cpns 2013


TAGS lowongan kerja cpns 2013


-

Author

Follow Me